Langsung ke konten utama

ERP/MRP

APA ITU ERP?


ERP mengacu pada sistem dan paket perangkat lunak yang digunakan oleh organisasi untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari, seperti akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, penjualan, dan operasi manufaktur dan / atau distribusi. Melalui serangkaian modulnya, sistem ERP mengintegrasikan semua proses inti bisnis ke dalam satu sistem tunggal. Dengan melakukan itu, sistem ERP menghilangkan duplikasi data dan memberikan integritas data  dengan "sumber kebenaran tunggal ".
Sistem ERP juga memiliki kemampuan untuk mengotomatisasi bisnis, memungkinkan pembuatan laporan yang disinkronkan pada metrik bisnis utama, merampingkan proses, dan meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan. Saat ini, sistem ERP sangat penting untuk mengelola ribuan bisnis dari semua ukuran dan di semua industri.


KEUNTUNGAN ERP
Perencanaan strategis
Perangkat lunak ERP dapat memilih bidang-bidang di mana perbaikan diperlukan dan dibutuhkan. Sebagai hasilnya, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi secara keseluruhan, terutama dalam hal manajemen waktu. Setelah masalah terdeteksi, lebih mudah untuk memantau apakah perubahan yang akan dilakukan akan efektif atau tidak. Ini juga mengurangi biaya dan risiko karena merampingkan berbagai proses bisnis, yang pada gilirannya mengurangi biaya operasional dan manajemen. Sedangkan, peningkatan integritas data dan kontrol keuangan mengurangi risiko bisnis secara keseluruhan.
Dengan kata lain, mengintegrasikan solusi ERP yang kuat membantu mengurangi tenaga kerja dan biaya operasional bisnis. Dengan itu, bisnis dapat mengelola waktu dan sumber daya wirausaha mereka dengan lebih baik, pada akhirnya menghemat uang mereka dan melihat ROI maksimum. Ini juga memungkinkan mereka untuk mengkonsolidasikan pelaporan keuangan dan biaya lainnya (seperti administrasi).
Efisiensi operasional
Terlepas dari di mana Anda membuat, mem-pabrikasi, dan mengirimkan produk, kebutuhan untuk operasi terintegrasi selalu berdasar ke sektor manufaktur. Minat global saat ini dalam membuat sesuatu di satu negara, kemudian menjual produk itu di tempat lain secara real-time sedang tumbuh. Di masa lalu, pusat koordinasi ini membutuhkan usaha besar dari intelektual, operasional, dan keuangan hanya untuk memastikan bahwa bahan baku selalu tiba di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Namun, dengan sistem ERP saat ini, kesibukan ini dikurangi, dan dalam beberapa kasus, dihilangkan seluruhnya; karena platform ERP memungkinkan setiap orang dalam rantai produksi, baik besar maupun kecil, untuk berbicara dan berinteraksi satu sama lain sebagaimana diperlukan di seluruh bidang digital yang umum.


Solusi ERP yang sukses dan kompeten menggunakan database terpusat terintegrasi yang mendukung semua proses inti bisnis. Ini mengarah pada integrasi yang mudah dari departemen dan proses dalam seluruh organisasi. Memiliki integrasi tanpa batas dalam suatu organisasi memungkinkan untuk berbagi ide yang lebih besar, pengambilan keputusan yang koheren dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Ini juga membantu dalam pengambilan keputusan yang terinformasi (dan lebih baik).


APA ITU MRP?
Sistem MRP dapat didefinisikan sebagai alat yang membantu produsen merencanakan bahan-bahan yang mungkin mereka perlukan untuk produksi, ketika mereka membutuhkannya, dan dalam jumlah berapa mereka membutuhkannya. Tidak seperti perangkat lunak ERP, sistem perencanaan kebutuhan bahan secara eksklusif digunakan untuk membantu mengelola proses pembuatan, karena bisnis menggunakan perangkat lunak ini untuk merencanakan produksi mereka, menghitung jumlah bahan baku yang diperlukan, perkiraan, dan memesan bahan baku. Dengan cara ini, mereka memiliki bahan yang tepat tersedia dalam jumlah yang tepat pada waktu yang tepat dan pada tanggal yang tepat untuk produksi.
Sebagai sistem mandiri, MRP terutama berkaitan dengan manajemen inventaris & area penjadwalan produksi bisnis. Namun, MRP juga biasanya merupakan salah satu dari banyak modul perangkat lunak ERP.


KEUNTUNGAN MRP
Meningkatkan manajemen inventory
Memperbaiki manajemen stok dan persediaan sering kali merupakan insentif besar yang memotivasi sejumlah produsen untuk mengimplementasikan perangkat lunak MRP. MRP mungkin merupakan sistem mandiri, tetapi berfungsi dengan sendirinya dengan hanya fitur-fitur terkait manufaktur. Kontrol inventaris, pergerakan stok, pelacakan nomor seri, pengiriman dan banyak lagi, semuanya ditangani dengan platform MRP. Dengan mengoptimalkan tingkat inventaris, ini memungkinkan produsen tahu bahan baku mana yang diperlukan untuk produksi, berapa banyak yang dibutuhkan, dan dari mana dapat dibeli.
Perencanaan dan pembelian material yang akurat
Perencanaan pembelian membutuhkan sistem yang cerdas untuk melacak langkah-langkah produksi dan mengidentifikasi setiap pembelian yang dibutuhkan sambil memeriksa balik jadwal produksi dan pengiriman bahan yang diharapkan. Dengan meningkatkan keakuratan manajemen persediaan (memiliki apa yang dibutuhkan, kapan dibutuhkan dan tersedia untuk produksi) bisnis manufaktur akan dapat berhasil mengelola vendor, ketentuan pembelian termasuk persyaratan pengiriman dan biaya, sehingga permintaan pembelian dapat dengan cepat terpenuhi setelah pesanan pelanggan diterima, dan semua langkah pembuatan dan ketersediaan bahan tetap termonitor.
Dikutip dari : Sumber asli 

Whatsapp
DS Software

Anda sedang mengembangkan usaha? Membutuhkan tools untuk pencatatan administrasi bisnis? Mencari sarana untuk mempromosikan produk dan layanan via internet? Seorang engineer manufaktur/laboratorium yang sedang membutuhkan pencatatan data otomatis dari sensor dalam rangka monitoring dan pengembangan produk?
Silahkan klik, kami siap membantu Anda !





Postingan populer dari blog ini

Alur Proses Manufaktur ETO (Engineer-to-Order)

Manufaktur adalah suatu upaya kompleks dalam keadaan apa pun. Tetapi dalam kasus produk yang Engineering-to-Order (ETO), kompleksitas itu berlipat ganda karena teknik, biaya dan manajemen perubahan yang sering diperlukan. Dalam proses produksi produk ETO, sangat penting untuk memiliki sistem ERP yang kuat dan fleksibel untuk membantu mengelola kompleksitas itu. Alasan utama untuk ini adalah bahwa persyaratan teknik seringkali memerlukan upaya rantai pasokan global yang panjang di atas manufaktur. Bagian dan komponen ini dapat dibuat khusus, mahal atau sangat terspesialisasi. Dan intinya adalah bahwa manajemen produksi dan rantai pasokan yang luas, global dan kompleks untuk menghasilkan barang-barang ETO melampaui kemampuan manusia untuk mengelola secara manual. Studi telah menunjukkan bahwa 50% dari produk ETO yang diproduksi adalah melalui saluran penjualan global. Akibatnya, memiliki sistem ERP berbasis cloud yang kuat sangat penting dalam mengelola aspek unik dan khusus produk ETO

MACHINE LEARNING

Bayangkan Anda pergi ke toko kelontong untuk membeli es krim. Jika Anda seorang pecinta es krim seperti saya, ini mungkin terjadi secara teratur. Biasanya, saya pergi ke toko terdekat dengan rumah saya, tetapi sering kali saya memilih untuk pergi ke toko yang berbeda, mencari paus putih es krim: raspberry chocolate chip. Saat Anda berada di toko baru mencari es krim rasa favorit, tetapi sulit ditemukan, Anda mungkin tidak tahu persis di mana es krim itu, tetapi Anda mungkin tahu bahwa Anda harus pergi ke lemari es, ada di lorong berlabel makanan beku dan mungkin itu tidak di bagian yang sama dengan pizza beku. Kemampuan saya untuk menemukan es krim di toko baru tidak naluriah, meskipun rasanya seperti itu. Ini adalah hasil dari kenangan bertahun-tahun menavigasi banyak bagian dan lorong toko kelontong yang berbeda, menggunakan isyarat visual seperti lemari es atau tanda lorong untuk mencari tahu apakah saya berada di jalur yang benar. Hari ini, ketika kita mendengar ten